Rabu, 25 April 2012

Batik Ditaksir Rumah Mode Versace & Armani

Berita terbaru.Setelah dinobatkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO, dipanasi 'saling klaim' dengan negeri jiran, batik kini tidak hanya populer di nusantara, tapi kian mendunia.

Januari 2013 mendatang, batik Sogan asal Solo akan dipamerkan dalam peragaan busana di Roma, Italia. Dalam parade fashion itu, Sogan akan dipakai oleh rumah mode prestisius, Armani dan Versace.

Rencana itu sempat dibicarakan saat sekolah mode tertua dan terbaik  di Roma, Koefia dan perwakilan Region Lazio mengunjungi Solo beberapa waktu lalu. Diwakili oleh Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami, mereka mengaku tertarik dan kagum  dengan batik.



"Mereka kagum dengan batik. Menurutnya batik sangat memungkinkan untuk dimodifikasi dengan garis rancangan yang modern. Bahkan mereka sangat kaget dengan beragamnya motif batik dan variasi cara pembuatannya," ucap Walikota Solo, Jokowi kepada 
VIVAnews.com, Rabu, 25 April 2012.

Jokowi mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut mereka meminta izin sekaligus ingin  menjalin kerjasama berkaitan dengan penggunaan batik dalam parade fashion tahun depan. Jokowi sendiri menyambut baik rencana tersebut. Bahkan dia sudah mempersiapkan batik Sogan untuk dipakai dalam parade fashion itu.

"Saya menawarkan  batik Sogan. Batik jenis ini akan dipamerkan sekaligus akan digunakan pada peragaan busana di Roma, Januari tahun besok, " tegasnya.

Untuk keperluan tersebut, pihak Koefia juga akan memboyong tiga perajin batik dari Solo. Dalam waktu dekat, petinggi Koefia berkunjung ke Solo lagi untuk membicarakan lebih detail mengenai kerjasama tersebut. "Mereka akan ke Solo lagi, tapi tanpa KBRI, untuk membicarakan lebih detail dan bisa bebas, " tegas Jokowi.

Batik Sogan adalah salah satu jenis batik klasik dengan warna dominan variasi dari warna coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Khusus 17+