Jumat, 09 September 2011

Turunkan Kadar Gula Darah di Laut Ini

Berita terbaruBagi penderita diabetes, ada laut yang 'wajib' dikunjungi. Jika untuk menurunkan kadar gula darah Anda biasanya mengonsumsi obat tertentu, ternyata dengan mengapung di laut Mati, dapat menurunkannya secara signifikan.

Seperti dilansir dari NY Daily News, Anda bisa menurunkan kadar gula dalam darah hanya dengan mengapung selama 20 menit. Hal ini merupakan hasil penelitian dari tim Ben Gurion University dan Soroka Medical Centre di Beersheva, Israel.


Tim peneliti melakukan eksperimen pada 14 dengan penyakit diabetes tipe 2, yang berusia 18 hingga 65 tahun. Hasilnya, kadar glukosa dalam darah turun rata-rata 163 hingga 151 milligram per desiliter (mg/dl) atau sekitar 13,5 persen. Penurunan ini juga tidak memakan waktu lama, setelah mereka mengapung.

Bahkan, kadar gula darah menurun terus hingga 141,3 mg/dl setelah mengapung satu jam di dalam air. Menurut peneliti hal ini tampaknya tidak memiliki efek negatif terhadap kondisi lainnya, seperti tingkat insulin, hormon kortison atau c-peptida.

Profesor Sukenik Saul, kepala peneliti, menggambarkan hasil penelitian sebagai sebuah hal yang 'menjanjikan'. "Temuan ini akan dikonfirmasi dalam studi yang lebih lanjut. Penurunan kadar glukosa darah pada penderita diabetes yang mengapung di Laut Mati bisa membuat mereka menggunakan lebih sedikit obat," katanya.

Tim peneliti saat ini masih melakukan penelitian mendalam dengan melihat efek berenang setiap hari di Laut Mati di periode tiga minggu. Temuan diterbitkan dalam Journal Israel Medical Association, HaRefua, edisi bulan September 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Khusus 17+