Selasa, 11 Januari 2011


Untuk meningkatkan Ranking Alexa, sebaiknya menulis tentang Alexa Rank di blog. Ini sebuah pernyataan umum. Sudah banyak bloger yang menulis postingan tentang Alexa Rank, dan konon Alexa Rank-nya naik (angkanya mengecil). Apa betul (hanya dengan cara) seperti itu? Sejauh mana kebenaran pernyataan tersebut, saya hanya menindaklanjuti dengan menulis postingan ini. Menurut Saya, pada prinsipnya Alexa Traffic Rank Tetap Saja Tidak Berdiri Sendiri. Selang beberapa hari setelah dionlinekan, saya langsung mendaftarkan blog ini di Alexa Site Info Alasannya, karena pada saat itu juga langsung bisa dilihat Alexa Rank untuk blog ini. Angkanya masih 18 juta-an. Saya tidak peduli dengan besaran angka yang ditunjukkan Alexa. Saya hanya ingin mengetahuinya saat itu juga.
Beberapa hari kemudian, saya login langsung ke Alexa Rank dan melakukan submit blog, kemudian memasang Widget Alexa blog ini. Berapa Angka yang ditunjukkan? Masih di kisaran 13 jutaan. Sebelum submit ke Alexa Rank, saya sudah melakukan submit blog ke Google Addurl dan Mypagerank. Ketiga-tiganya memiliki statement yang kurang lebih sama; bahwa dengan melakukan submit blog, mereka TIDAK MENJAMIN dalam waktu singkat blog beserta isinya akan terindeks dan TIDAK MENJAMIN pula bahwa trafik blog akan naik dalam waktu yang cepat.
Pada saat online, saya mencoba untuk melakukan submit blog ke penyedia layananFree Submission. Memilih yang free karena mereka juga menyediakannya. Kalau yang berbayar bisa ditempuh, dengan mengeluarkan dollar, diasumsikan sangat mungkin bisa lebih efektif dalam meningkatkan trafik blog.
Tidak setiap saat online, hanya jika memungkinkan untuk melakukan submit blog, maka saya lakukan, setahap demi setahap, sedikit demi sedikit; toh ada penyedia layanan submisi yang memiliki directory partners yang ikut mengindeks submisi blog kita, dengan persetujuan kita. Kalau kita tidak setujui, ya tidak terindek.
Berapa angka Alexa Rank blog saya saat ini. Silakan lihat Alexa Widget di bawah. Pada saat memasuki angka 8 jutaan, Alexa Rank bertahan di angka tersebut untuk beberapa hari. Kemudian saya mencoba submit blog ke Yahoo dan MSN. Angka yang ditunjukkan dalam Alexa Rank saat ini telah melalui tahapan submisi blog ke kedua layanan tersebut. Keduanya juga sama-sama memiliki statement TIDAK MENJAMIN blog akan terindeks dan trafiknya naik dalam waktu singkat.
Perhatikan Statement berikut ini : The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and is a combined measure of page views and users (reach).As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basic. The main Alexa traffic rank is based on the geometric mean of these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users).
Dalam statement diatas, terdapat inti dari apa yang sebut bahwa Alexa Rank tidak berdiri sendiri. Artinya, Alexa Rank juga depend on, bergantung kepada pertarungan antarblog yang sama-sama terindek di Alexa. Jumlahnya jutaan. Dan Blog saya, juga blog Anda, masuk di dalamnya. Yang bisa mengikuti pertarungan secara lebih kompetitif, ya tentunya lebih berhak mendapatkan Ranking Alexa yang baik. Di bawah 1 juta, atau di bawah 500 ribu.
Basis kunjungan harian untuk jumlah jangkauan dan page views oleh pengunjung pada blog (kita) merupakan kata kunci dariHow Alexa Work. Artinya, sebaik apapun kualitas blog, tidak cukup menjadi parameter Alexa untuk menaikkan Rank blog tertentu tanpa kuantitas yang ditunjukkan dalam angka kunjungan dan page views blog kita.
Meningkatkan kunjungan ke blog kita kemudian menjadi kata kunci ke 5 dalam meningkatkan Alexa Rank setelah (1) Submit blog ke Alexa, (2) memasang Widget Alexa dan (3) Submit blog ke beberapa direktori dan (4) membangun blog yang berkualitas, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir dan bulan-bulan berikutnya juga akan menentukan dan lebih menentukan lagi. Itu pendapat saya, boleh jadi keliru. Apakah Alexa Rank blog saya akan naik dengan Saya menulis postingan ini? Waktu yang akan menjawab.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Khusus 17+